Jumat, 26 Desember 2008

Segawon

Segawon itu bahasa Jawa Krama Hinggil untuk 'Anjing'.

Hewan berkaki empat ini begitu bermakna bagi banyak orang. Orang Bandung sering menggunakan kata 'Anjing' untuk menggantikan titik dan koma dalam bahasa lisan juga kadang-kadang dipakai untuk memulai kalimat. Kata 'anjing' juga sering dipergunakan untuk mengumpat.

Orang Eropa dan Amerika menganggap anjing sebagai "Men's bestfriend". Mereka menganggap anjing sebagai teman, dan kadang-kadang keluarga sendiri.

Bagi mereka anjing adalah simbol kesetiaan. Memang sih, di Jerman, anjing begitu setia dengan pemiliknya.

Bagi orang daerah Sunda, anjing memiliki konotasi negatif. Kenajisan berhubungan dengan anjing. Kalau terkena jilatannya, maka harus 7 kali membersihkan diri dengan tanah. Kata Ayu Utami, ada hubungan antara cerita Tangkuban Perahu dengan keburukan anjing. Seorang dewa dikutuk menjadi anjing. Lalu pada waktu tertentu, anjing tersebut menjadi sosok dewa lagi. Lalu dia mengawini seorang perempuan. Perempuan tersebut melahirkan Sangkuriang. Lalu Sangkuriang dibuang ibunya karena dia membunuh anjing tersebut. Bertahun-tahun kemudian, Sangkuriang lupa ibunya, dan dia malah ingin mengawini ibunya. Di sini, anjing dianggap buruk karena berhubungan dengan kutukan, incest, dan pembunuhan dalam keluarga.

Kembali tentang anjing yang setia. Anjing adalah makhluk yang paling setia menemani Yudhistira dari Pandawa Lima hingga ke puncak gunung. Saudara-saudaranya, yaitu Arjuna, Bima, Nakula, Sadewa satu per satu meninggalkannya. Ini adalah kisah dari India.

Bagi beberapa suku di Asia, anjing sangat disukai. Maksud saya disukai ketika terhidang di meja makan. Biasanya anjing disajikan dengan pedas dan penuh rempah-rempah. Di Solo, anjing jadi sate jamu. Di lapo-lapo jadi Saksang B1.

Nah, bagaimana dengan aku?Aku penggemar anjing. Bukan hanya suka anjing ketika dia terhidang di meja makan, tapi juga suka anjing yang hidup. Aku dulu memelihara anjing "wretched mongrel", artinya anjing kampung. Maksudnya, anjing yang kaga jelas keturunan apa, campur sana campur sini. Walau bau mulut dan bau badan, anjing itu betul-betul menyenangkan sebagai teman. Hewan ini relatif ceria dan suka tersenyum (begitu juga kata Ayu Utami). Anjing yang penakut punya kebiasaan menggeram. Anjing yang tidak disusui induknya, biasanya kurang ramah. Anjing yang kebelet pipis, biasanya pasang muka aneh. Anjing juga jujur mengungkapkan perasaannya dari ekspresi-ekspresi mukanya, posisi ekornya. Manusia sering kesulitan mengekspresikan perasaannya. Mungkin manusia takut dihakimi dan takut dinilai orang lain. anjing tidak begitu. Dia tidak takut akan penghakiman moral atau penilaian orang lain. Anjing menjadi dirinya sendiri. Andai aku bisa seperti anjing.

Ada lagi yang menarik dari anjing. Kerjaannya makan, tidur, lari-lari, teriak-teriak (menyalak), kawin, dan kaga perlu mikir bagaimana cara mencari duit, cara naik pangkat, ritual rumit manusia dalam mencari pasangan, cara memakai laptop yang benar, dll. Dia juga tidak peduli bau badannya sendiri. Aku sih sering tidak pede dengan diri sendiri, sehingga pasang deodorant, pakai pasta gigi yang aromanya segar, dan semua zat kimia yang ditaruh di tubuh lainnya.Sifat anjing lainnya yang klop denganku adalah selain sama-sama suka dengan makan-makan, juga adalah rasa ingin tahu. Anjing dan aku adalah sosok yang punya rasa ingin tahu besar. Kebiasaan anjing dalam mengeksplorasi dunia yang baru dengan hidungnya, cukup klop denganku mengeksplorasi dunia yang baru dengan kemampuan baca tulisku. Aku senang membaca milis, buku, dan bacaan lainnya.

Anjing selalu menganggap orang yang memberi dia makanan adalah teman. Aku juga sama. Jadi kalau ada kawan yang mengundang aku makan-makan di rumahnya, pasti dia tidak mudah kulupakan dan persahabatan ini biasanya langgeng.

Mengapa, ya, aku lebih mengerti anjing daripada wanita?

Aku bisa tahu menghadapi anjing yang ramah, galak, lincah, pemalas, dan tipe-tipe lainnya, tapi mengenai wanita, tiba-tiba menjadi seperti tidak tahu apa-apa. Sepertinya inilah yang disebut keterasingan seorang Condro dari wanita.

Tidak ada komentar: